ADVERTISEMENT



Rabu, 16 September 2015

Tugas Halaman 138-143 kurikulum 2013 kelas XII

ADVERTISEMENT

HASIL KERJA KELOMPOK
HALAMAN 138-143





Kelompok 4
Anggota :
Anindhita Sinarum Putri                     (02)
Aprillya Nilla Pertiwi                          (03)
Celina Nuanda Basuki                                    (06)
Firdaus Ali Syahbana                          (10)
Lika Rahayu                                        (17)
Via Tri Mey Ratna Sari                       (30)


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UPTD SMA NEGERI 2 PARE
Jl. Pahlawan Kusuma Bangsa No. 28 Pare Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0332268.wmf (0354) 391177
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Tugas 1
Menyunting dan Mengabstraksi Teks Berita
1)      Coba kalian cari berita di koran mengenai berita terduga dan berita tak terduga. Bacalah berita tersebut dengan saksama dan klasifikasikan ke dalam dua jenis berita: berita terduga dan berita tak terduga.
Pidato Kemerdekaan RI, Jokowi Ajak Warga Pantang Menyerah
Joko Widodo (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadi inspektur upacara memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-69 Republik Indonesia di lapangan Silang Monumen Nasional (Monas). Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan bahwa tema peringatan hari kemerdekaan kali ini berkaitan dengan pesta Demokrasi, yaitu pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014.

"‎Tema peringatan ulang tahun kemerdekaan ini adalah dengan semangat proklamasi kita dukung suksesi pemilu demi kelanjutan Indonesia yang maju dan sejahtera," ujar Jokowi dalam pidatonya selaku inspektur upacara, Minggu (17/8/2014).

Menurut Jokowi, pelaksanaan pemilu yang akan menghasilkan suksesi kepemimpinan tersebut akan berdampak pada pembangunan ekonomi, sosial dan bidang-bidang lainnya. Karena itu, ia meminta agar seluruh warga Jakarta turut menyukseskan prosesi pilpres 2014 sebagai bagian dari proses transisi demokrasi di Indonesia.

"15 tahun memasuki era reformasi, kita kini memantapkan transisi demokrasi, telah banyak kemajuan, tapi proses ini belum selesai, sehingga kita harus terus memantapkan transisi demokrasi dan ini harus terus kita sempurnakan," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengucapkan terimakasih kepada warga Jakarta yang telah turut mensukseskan prosesi pilpres yang ditunjukkan dengan tingginya tingkat partisipasi warga Jakarta yang hadir di tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya.

"Hak pilih warga DKI Jakarta dalam pemilu tahun ini mencapai 72 persen. Atas pencapaian itu pemerintah DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang memberikan kontribusi dalam pemilu, sehingga pemilu kita tahun ini diselenggarakan dalam keadaan aman," ucap Jokowi.

"Saya ucapkan selamat merayakan ulang tahun kemerdekaan RI. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kekuatan lahir batin untuk membangun RI dan membangun Jakarta yang kita cintai bersama," lanjutnya.

Jokowi pun tak lupa berpesan, di hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 69 ini, agar warga Jakarta terus mengenang jasa pahlawan dan melanjutkan perjuangan dengan menanamkan jiwa patriot para pejuang dalam diri masing-masing untuk selalu pantang menyerah dalam membangun bangsa.

"Merdeka! Hikmah terbesar adalah melestarikan nilai perjuangan untuk membangun bangsa yang sejahtera. Dengan semangat partiotisme kita akan maju pantang menyerah," tutup Jokowi.
(Sumber: Liputan6,17 Agustus 2014)
·        Berita Tak Terduga
Sopir Lamborghini Tabrak Motor di Kelapa Gading Jadi Tersangka

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menetapkan pengemudi mobil mewah Lamborghini berpelat nomor B 8 RBY berinisial Roby, sebelumnya ditulis Lies, sebagai tersangka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan Boulevard Barat Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Minggu 6 September 2015. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal mengatakan, polisi memiliki cukup alat bukti untuk menjerat Roby ke dalam proses penyidikan.

"Banyak sekali pelanggarannya. Sebagai pengemudi, tersangka mengemudikan kendaraan bermotor dengan mengakibatkan orang lain luka berat (pengemudi motor Endah)," ujar Iqbal di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Iqbal mengatakan, Roby 
tidak hanya menabrak Endah. Menurut keterangan saksi dan pengakuan Roby, ia juga menabrak sebuah mobil Avanza sebelum menabrak motor Endah.

"Pertama, kendaraan tersebut menabrak 1 mobil berjenis Avanza, dari keterangan saksi dan tersangka juga," kata Iqbal.

Kemudian, tersangka Roby juga tidak dapat menunjukkan surat-surat resmi kendaraan kepada petugas hingga hari ini. Bahkan terbukti menggunakan pelat nomor kendaraan palsu.

"Sampai saat ini tersangka pengemudi Lamborghini tersebut tidak dapat menunjukkan surat-surat resmi. Bahkan nomor polisi yang digunakan pada kendaraan yang bersangkutan palsu," ungkap Iqbal.


Mobil Lamborghini yang bertabrakan dengan sepeda motor di Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (www.twitter.com/@TMCPoldaMetro)

Iqbal mengatakan, akibat perbuatannya, Roby dijerat dengan Pasal 310 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dengan ancaman pidana lebih dari 5 tahun.

"Alasannya karena mengakibatkan orang lain luka berat. Nanti akan kita cek lokasi dan alat bukti, apakah dikenakan pasal lain nantinya," tandas Iqbal.

Kecelakaan itu terjadi di Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kala itu, Roby yang sedang memacu kencang mobilnya justru tidak bisa mengendalikan kemudi saat akan berbelok ke kiri.

Dari arah kiri, muncul sepeda motor yang dikendarai Endah. Tabrakan pun terjadi. Tidak hanya menabrak Endah, Roby yang tak dapat mengendalikan Lamborghini lalu menabrak Tugu SMR yang berada tidak jauh dari lokasi. Akibatnya, bagian depan mobil rusak parah.

Warga lalu membantu Endah dan membawa ke RS Mitra Kelapa Gading untuk mendapat perawatan. Endah mengalami luka parah di bagian kepala.
(Sumber : Liputan6, 07 September 2015)


2)      Pada Tugas 3 Kegiatan 2 soal nomor (4), kalian telah melakukan proses penyuntingan teks. Untuk menghasilkan teks yang baik kalian perlu menyunting ejaan, diksi, dan kalimat di dalam teks. Agar kalian lebih memahami proses penyuntingan, bacalah dengan teliti teks “Pelajaran ‘Berbahaya’ dari Gaza” berikut ini.

Pelajaran ‘Berbahaya’ dari Gaza

Hamas menerbitkan buku teks tentang sejarah Palestina yang menafikan Negara Israel. Berpotensi menyulut konflik antarfaksi.

Di salah satu kelas di sebuah sekolah menegah di Gaza, Palestina, seorang guru mengisahkan bangsa Arab yang memboikot bisnis Yahudi pada 1929. Sang guru kemudian bertanya kepada sekitar 40 siswa apakah mungkin dewasa ini orang-orang Palestina bersedia memboikot produk Israel. Semua siswa langsung menjawab,”ya!”

Pemandangan semacam itu kini dapat dijumpai sedikitnya dua kali dalam sepekan di kelas-kelas sekolah menengah di Gaza. Gerakan Hamas, yang menguasai jalur Gaza sejak 2007, secara intensif menebar benih perlawanan Palestina terhadap Israel melalui
pendidikan.

Selasa pekan lalu, pemerintah Hamas menyatakan telah menambahkan mata pelajaran khusus ke kurikulum untuk memupuk perlawanan terhadap Israel. Mata pelajaran itu diajarkan di semua sekolah di Gaza. “Untuk memperkuat hak-hak warga Palestina dan menambah pelajaran tentang hak asasi manusia,” kata Menteri
Pendidikan Gaza Muetassem al-Minaui.

Hamas telah menerbitkan buku teks pelajaran baru yang berisimateri perlawanan terhadap Israel. Sampul buku itu bergambar masjid Al-Aqsa di Yerusalem dan Gua Para Leluhur di Hebron— dua situs lokasi bentrokan antara umat Islam dan Yahudi.

Buku yang berisi politik dan sejarah Palestina ini secara tegas tidak mengakui negara Israel. Pendiri Hamas, Ahmed Yasin, dalam buku ini disejajarkan dengan pahlawan nasional Yasser Arafat. Sejarah mutakhir juga dicantumkan, seperti serangan militer Israel ke jalur Gaza pada musim dingin 2008-2009 dan November 2012.

Materi pelajaran dilengkapi foto-foto warga Palestina yang tewas serta berbagai bangunan yang hancur akibat serangan Israel. “Semua wilayah Palestina, dari Laut Mediterania sampai Sungai Yordan, adalah milik kita,”demikian salah satu isi buku itu. Materi pelajaran baru ini hanya diajarkan di sekolah milik pemerintah Hamas, tidak di sekolah milik Perserikatan Bangsa-Bangsa. Materinya merujuk pada kurikulum otoritas Palestina.

Di seluruh Gaza tercatat ada 463 ribu pelajar. PBB mengelola sekitar 250 sekolah untuk kelas 1-9. Sedangkan Hamas menjalankan 400 sekolah, termasuk 46 sekolah swasta. Sebelumnya, Hamas sudah menyiapkan materi pelajaran militer dengan fokus perlawanan terhadap Israel.

Upaya edukasi perlawanan melalui buku ini dinilai sangat efektif. Sebab, menurut Daniel Bar-Tal, seorang professor di Tel Aviv University, ketika seorang pemimpin berpidato, tak ada jaminan semua orang mendengarkan. Sebuah buku teks pelajaran pasti diserap siswa. “Ini adalah kartu terkuat,” kata Bar-Tal, koordinator tim peneliti buku teks Israel dan Palestina.

Khalayak yang menjadi target buku ini juga luas. Seiring dengan rencana pengajaran, buku ini bakal menjangkau sedikitnya 55 ribu siswa di kelas 8, 9, dan 10. Sebagian besar siswa menyambut hangat buku pelajaran itu. Ahmed Mohamed, 15 tahun, misalnya, mengaku
bersemangat mempelajarai sejarah Palestina, bukan sejarah Mesir atau Yordania. ”Sebelumnya, Palestina yang saya tahu hanya Gaza dan Tepi Barat.” ujarnya.

Tapi ada pula yang kritis. Anound Ali, siswa kelas 10 di sebuah sekolah di Gaza, merasa prihatin karena buku itu bisa memecah belah Palestina. Materi pelajaran yang militan ini dikhawatirkan memperuncing persaingan antarfaksi di Palestina, antara Hamas di jalur Gaza dan Fatah di Tepi Barat.

Di tataran bawah, konflik antarfaksi ini dikhawatirkan menganggu kekompakan 1,7 juta warga Palestina di jalur Gaza dan 2,5 juta warga di Tepi Barat. “Buku pelajaran sekolah adalah hal terakhir yang mempersatukan kita di Tepi Barat, sekarang kita mempelajari
sesuatu yang berbeda,” kata Ali.

Apa pun alasannya, Israel dibuat gerah oleh aksi gerilya Hamas ini. “Palestina telah mengembangkan sesuatu sistem penipuan,” kata Yosef Kuperwasser, pejabat senior Israel.

(Sumber: Tempo, 11 November 2013, halaman 112)

3)      Suntinglah teks “Pelajaran ‘Berbahaya’ dari Gaza” itu.

Pelajaran ‘Berbahaya’ dari Gaza

Hamas menerbitkan buku teks tentang sejarah Palestina yang menafikan Negara Israel. Berpotensi menyulut konflik antarfaksi.
Seorang guru menceritakan bangsa Arab yang menolak bisnis Yahudi pada 1929. Sang guru kemudian bertanya kepada sekitar 40 siswa di salah satu kelas di sebuah sekolah menengah di Gaza, Palestina,  apakah mungkin dewasa ini orang-orang Palestina bersedia menolak produk Israel. Semua siswa serentak menjawab,”ya!”
Gerakan Hamas, yang menguasai jalur Gaza sejak 2007, secara intensif menebar benih perlawanan Palestina terhadap Israel melalui pendidikan.
Selasa pekan lalu, pemerintah Hamas menyatakan telah menambahkan mata pelajaran khusus ke kurikulum untuk memupuk perlawanan terhadap Israel. “Untuk memperkuat hak-hak warga Palestina dan menambah pelajaran tentang hak asasi manusia,” kata Menteri Pendidikan Gaza Muetassem al-Minaui.
Hamas telah menerbitkan buku teks pelajaran baru yang berisi materi perlawanan terhadap Israel dengan sampul buku bergambar masjid Al-Aqsa di Yerusalem dan Gua Para Leluhur di Hebron.
Buku ini secara tegas tidak mengakui negara Israel. Pendiri Hamas, Ahmed Yasin, dalam buku ini disamakan dengan pahlawan nasional Yasser Arafat. Sejarah mutakhir juga dicantumkan, seperti serangan militer Israel ke jalur Gaza pada musim dingin 2008-2009 dan November 2012.
1          Materi pelajaran baru ini hanya diajarkan di sekolah milik pemerintah Hamas, tidak di sekolah milik Perserikatan Bangsa- Bangsa. Materinya merujuk pada kurikulum otoritas Palestina. PBB mengelola sekitar 250 sekolah untuk kelas 1-9. Sedangkan Hamas menjalankan 400 sekolah, termasuk 46 sekolah swasta. Sebelumnya, Hamas sudah menyiapkan materi pelajaran militer dengan fokus perlawanan terhadap Israel.
Upaya perlawanan melalui buku dan pendidikan ini dinilai sangat efektif. Sebab, menurut Daniel Bar-Tal, seorang professor di Tel Aviv University, ketika seorang pemimpin berpidato, tak ada jaminan semua orang mendengarkan.
Seiring dengan rencana pengajaran, buku ini bakal menjangkau sedikitnya 55 ribu siswa di kelas 8, 9, dan 10. Sebagian besar siswa menyambut hangat buku pelajaran itu.
Tapi ada pula yang kritis. Anound Ali, siswa kelas 10 di sebuah sekolah di Gaza, merasa prihatin karena buku itu bisa memecah belah Palestina yang dikhawatirkan memperuncing persaingan antarfaksi di Palestina, antara Hamas di jalur Gaza dan Fatah di Tepi Barat.
Apa pun alasannya, Israel dibuat gerah oleh aksi gerilya Hamas ini. “Palestina telah mengembangkan sesuatu sistem penipuan,” kata Yosef Kuperwasser, pejabat senior Israel.
(Sumber: Tempo, 11 November 2013, halaman 112)


4)      Bacalah Teks “NASA Ikut Cari MH370” ini dengan cermat.

NASA Ikut Cari MH370

Kuala Lumpur – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bergabung dalam operasi pencarian pesawat Malaysia AirlinesMH370 yang hilang Sabtu (8/3).
Sementara, area pencarian pesawat yang memuat 239 penumpang itu, Jumat (14/3), diperluas ke Samudera Hindia. Juru Bicara NASA Allard Beutel mengatakan Badan Antariksa Amerika tersebut akan mengkaji strategi yang akan dilakukan untuk diterapkan pada proses pencarian dengan melibatkan 25.000 sukarelawan secara online.
Salah satunya adalah mencari pesawat dengan temuan gambar dari satelit dan kamera yang ada di stasiun luar angkasa Internasional, yang dapat mengidentifikasi objek yang lebih besar dari 30 meter. Sebelumnya, satelit China menangkap tiga objek yang diduga dari pesawat yang hilang itu.
Kegiatan yang bisa ditangkap oleh kamera menggunakan aset berbasis ruang, seperti bumi–Observing-1 (EO-1) satelit dan kamera ISERV di Stasiun Antariksa Internasional. “Resolosi gambar dari instrumen ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi objek dari sekitar 98 kaki (30 meter) atau lebih besar ,”ujarnya.
NASA juga akan mengirim data ke Geological Survey’s Earth Resources Observations and Science Hazard Data Distribution System, yang telah membantu penanganan bencana internasional, seperti banjir yang baru-baru ini melanda Inggris.
Pada Jumat, Pemerintah Malaysia memastikan area operasi pencarian pesawat Malaysia Airlines yang hilang kini diperluas hingga ke Samudera Hindia. ”Pesawat itu masih hilang dan area pencarian diperluas,” kata Menteri Transportasi Hishammudin Hussein.
“Bersama dengan rekan-rekan internasional kami, kini pencarian dilakukan lebih ke timur dari Laut China Selatan dan ke Samudra Hindia,” tambah dia.1
Sementara, berbagai analisis dan temuan sejumlah media soal nasib pesawat Malaysia Airlines MH370 terus bermunculan. Salah satuyang menguat adalah isu pembajakan. Hishammudin menyebut semua kemungkinan terbuka, termasuk pembajakan. “Semua kemungkinan tidak diabaikan, semua diselidiki,” kata dia. Sejauh ini, dia mengaku
transponder pesawat memang tidak mengeluarkan sinyal.
Sejumlah laporan media menulis, ada pesawat terbang hingga Kepulauan Andaman, Samudra Hindia. Ini mengindikasikan pesawat diterbangkan oleh seseorang yang memiliki kemampuan penerbangan mumpuni.

(Solopos, Sabtu Pon, 15 Maret 2014, hala

5)  Buatlah abstraksi (ringkasan) teks “ NASA Ikut Cari MH370” di atas.

NASA Ikut Cari MH370
Kuala Lumpur – NASA bergabung dalam pencarian Malaysia Airlines MH370, Sabtu (8/3).
Jumat (14/3), area pencarian pesawat 239 penumpang, diperluas ke Samudera Hindia. Allard Beutel mengatakan NASA mengkaji strategi yang akan diterapkan pada pencarian yang melibatkan 25.000 sukarelawan online. Salah satunya temuan gambar dari satelit dan kamera di stasiun luar angkasa Internasional, yang mengidentifikasi objek lebih besar dari 30 meter. Sebelumnya, satelit China menangkap tiga objek yang diduga pesawat MH370.
Kegiatan yang bisa ditangkap, seperti bumi–Observing-1 (EO-1) satelit dan kamera ISERV di Stasiun Antariksa Internasional. “Resolosi gambar dari instrumen ini untuk mengidentifikasi objek dari 98 kaki (30 meter) atau lebih besar ,”ujarnya. NASA juga mengirim data ke Geological Survey’s Earth Resources Observations and Science Hazard Data Distribution System.
Jumat, Pemerintah Malaysia memastikan area operasi pencarian MH370 diperluas hingga ke Samudera Hindia. ”Pesawat masih hilang dan area pencarian diperluas,” kata Menteri Transportasi Hishammudin Hussein. “Bersama dengan rekan-rekan internasional, kini pencarian dilakukan lebih ke timur dari Laut China Selatan dan ke Samudra Hindia,” tambahnya.
Berbagai analisis dan temuan media soal nasib MH370 terus bermunculan. Salah satu yang menguat adalah isu pembajakan. Hishammudin menyebut semua kemungkinan terbuka, termasuk pembajakan. “Semua kemungkinan tidak diabaikan, semua diselidiki,” katanya. Sejauh ini, transponder pesawat memang tidak mengeluarkan sinyal.
Sejumlah laporan media menulis, ada pesawat terbang hingga Kepulauan Andaman, Samudra Hindia. Ini mengindikasikan pesawat diterbangkan oleh seseorang yang memiliki kemampuan penerbangan mumpuni.
(Solopos, Sabtu Pon, 15 Maret 2014, halaman 5)


ADVERTISEMENT
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tugas Halaman 138-143 kurikulum 2013 kelas XII

0 komentar:

Posting Komentar